Tentang iklan-iklan ini
Info, Info Unik

Harta Karun Terdapat Di 463 Titik Di Laut Indonesia


Harta Karun Terdapat Di 463 Titik Di Laut Indonesia

Info | Info Unik

Harta Karun | Indonesia | Laut | Samudera | Kekayaan | Nusantara | Cagar | Budaya | Keramik | Emas | Portugis | Belanda | Dinasti Ming | China | Australia | Perdagangan | Bangsa Eropa | BMKT | LIPI

harta-karun-indonesia

harta-karun-indonesia

Ya’ahowu Komunitas Nias Selatan. Di Info Unik kali ini tentang Harta Karun yang Berada di Bawah Laut Indonesia. Seabad sebelum Bangsa Eropa berlomba-lomba menuju wilayah yang kaya rempah, yang kini menjadi Indonesia ini telah mahsyur di bidang perdagangan. Nusantara memiliki hubungan dagang dengan India dan Timur Tengah, lalu pada abad ke-4 dengan orang-orang Eropa. Sepanjang masa itu, tak dapat terhitung jumlah kapal yang hilang dan karam di wilayah Nusantara Indonesia, Seperti kapal China yang mengangkut harta dan keramik berharga, 800 kapal milik Portugis yang hilang sejak tahun 1650 dalam pelayaran dari Portugal menuju Atlantik selatan, melalui Samudra Hindia dan ke Asia Tenggara, lebih dari 7.000 kapal hilang yang didata English East India Company (EIC). juga VOC Belanda yang kehilangan 105 kapal yang berlayar antara tahun 1602 dan 1794. Semua kapal bermuatan barang berharga. Maka tidak heran lagi, Nusantara Indonesia menjadi target bagi para arkeolog bawah laut maupun para pemburu harta karun.

Menurut data Sekretariat Panitia Nasional Pengangkatan dan Pemanfaatan Benda Berharga Asal Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Saat ini terdapat 463 titik peninggalan harta karun di Tanah Air. Tapi baru diangkat sebanyak sepuluh kali berupa Porselen berwujud mangkuk, piring, dan cangkir yang diperkirakan berasal dari zaman Dinasti Ming di China ditemukan di laut Indonesia di rute menuju Jakarta, pada tahun 2008. Tidak disebutkan lokasi spesifik penemuan ini, hanya disebutkan berjarak 150 kilometer dari pantai Jakarta di kedalaman 60 meter. Pada operasi pengangkatan di tahun 2010, ditemukan 38.000 porselen dan hingga sekarang tercatat ada 700.000 item yang ditemukan.

Rencananya harta karun bernilai Rp.413 miliar akan diangkat oleh perusahaan Portugal berbasis arkeologi bawah laut, Arqueonautas Worldwide SA (QOW). Melalui CEO-nya Nikolaus Graf Sandizell, dikatakan akan mengambil harta ini tahun depan. Lamanya waktu pengangkatan karena terkendala izin yang sengaja ditunda oleh Pemerintah Indonesia. Pengangkatan ini, dikatakan Sandizell, harus segera dilakukan untuk mencegah kehilangan dari banyak faktor mulai dari jaring nelayan, eksplorasi minyak, pipa bawah laut, hingga tangan usil para penjarah. “Kami ingin menarik perhatian atas cepatnya harta karun ini menghilang. Dalam waktu sepuluh tahun, ini semua akan terlambat,” ujar Sandizell.

Biaya pengangkatan harta karun yang disebut cagar budaya oleh Pemerintah Indonesia ini memakan biaya yang tidak sedikit, sekitar Rp60,5 miliar. Ini belum ditambah biaya platform buatan di atas laut untuk penempatan sementara hasil yang baru diangkut. Namun, menurut Sekretariat Panitia Nasional Pengangkatan dan Pemanfaatan Benda Berharga Asal Muatan Kapal Tenggelam (BMKT), pengangkatan ini belum mendapat izin. Karena BMKT masih menunggu Peraturan Pemerintah turunan dari UU No 11 2010 tentang cagar budaya.

Keramik Harta Karun Indonesia

Keramik Harta Karun Indonesia

“Izin saat ini tidak keluarkan lagi, semuanya masih moratorium,” kata Adria Yuki, salah satu anggota di Seksi BMKT saat berbincang dengan National Geographic Indonesia, Rabu (30/5). Pihak BMKT juga sudah mengenal Sandizell karena sempat melakukan presentasi untuk penelitian dan konservasi harta karun yang ditemukan di Indonesia pada April 2012. Jika memang ada sebagian dari harta ini yang dijual, maka hasilnya akan dibagi dua antara Pemerintah Indonesia dengan perusahaan yang mengambilnya. Hanya saja belum ada pembagian persentase barang yang belum dijual. “Hasil pengangkatan ini tidak boleh dibawa ke luar negeri, hanya boleh dijual di Indonesia. Sebagian dana ini nantinya juga dialokasikan untuk penyelamatan cagar budaya Indonesia,” kata Yuki lagi.

Namun, belum adanya rambu-rambu perizinan, bukan berarti aman dari penjarahan. Pada tahun 1986, Michael Hatcher asal Australia dituding mengambil harta karun bernilai triliunan rupiah dari laut Indonesia. Dan berlanjut hingga tahun 1999 dan 2010 di mana ia dilaporkan mengambil harta karun di Wilayah Subang, Jawa Barat. Luasnya wilayah laut Indonesia, namun kurangnya pengawasan menjadi salah satu faktor maraknya pencurian. Data UNESCO menyebut, ada tiga juta kapal yang bangkainya teronggok di dasar lautan. 50.000 di antaranya mengandung harta bernilai yang berusia ribuan tahun.

Bagaimana Menurut Anda?

Sumber:
1. http://nasional.news.viva.co.id
2. http://nationalgeographic.co.id
 
Baca Artikel lainnya di Info Unik:

  1. 10 Universitas Terbaik di Indonesia dan Dunia
  2. Anak Umur 6 Tahun Calon Ahli Komputer
  3. 5 Tipe Wanita Yang Ditakuti Oleh Pria
  4. 10 Tempat Liburan Terseram Di Dunia
  5. Sosok Mirip Bunda Maria di Temukan di Pohon Pinus
  6. Bangunan Rumah Adat Nias Dibangun Tanpa Paku dan Tali, Di Jepang Juga Ada
 
Tentang iklan-iklan ini

About Andy Batee

Aku Lahir di Pangkalan Brandan pada tanggal 27 Januari 1980 oleh Seorang Ayah Pensiunan TNI-AD dan Ibu yang giat beraktifitas sosial. Melalui Blog ini aku hanya ingin belajar dan belajar terutama di dunia penulisan. Terkadang sulit untuk menorehkan segala yang ada dibenak ini kedalam sebuah tulisan. Namun saya berharap semoga para pengunjung blog ini dapat terpuaskan atas sajian yang ada.

Diskusi

11 thoughts on “Harta Karun Terdapat Di 463 Titik Di Laut Indonesia

  1. En realidad, esto no slo ayuda a los clientes, sino que tambin beneficia a la empresa mucho. The recent discovery of so many drug tunnels from points in Mexico and under the border into the US, is what initially tipped off investigators to Hezbollah activity. There are different styles for people to choose. Using the right words will also help you to take shortcuts into a customer’s psyche. Revenues rose by 2% in the quarter to $887 million. There are two important conclusions hosts can take from this decision. A few years ago, I joined an important variety of on line dating sites and so found that most people are good places to find first dates. Out regarding frustration,your family can for example begin washing too much in the way or at least using their an industrial strengthbeauty cleanser for more information about reduce every last how to lose having to do with essential oil from your face. The fund top holdings include: Wynn Resorts (WYNN) (4.64%), Coach (COH) (4.54%), Christian Dior (4.50%), and Louis Vuitton (4.49%).

    Posted by Celine Luggage | 19/10/2013, 15:19

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Daftar Perguruan Tinggi Dengan Biaya Termahal Di Amerika « Nias Selatan ku - 05/12/2012

  2. Ping-balik: Asal Usul Legenda Sinterklas « Nias Selatan ku - 01/12/2012

  3. Ping-balik: Bocah 13 Tahun Pemenang International Children’s Peace Prize « Nias Selatan ku - 29/11/2012

  4. Ping-balik: Justin Bieber Di Cemooh Negaranya Sendiri « Nias Selatan ku - 28/11/2012

  5. Ping-balik: Sebuah Pulau “Hilang” dari Permukaan Bumi « Nias Selatan ku - 27/11/2012

  6. Ping-balik: 10 Karya Anak Bangsa Indonesia « Nias Selatan ku - 27/11/2012

  7. Ping-balik: Koran di Inggris Mempublikasikan Foto Telanjang Pangeran Harry « Nias Selatan ku - 26/11/2012

  8. Ping-balik: 10 Budaya Terkejam Di Dunia « Nias Selatan ku - 25/11/2012

  9. Ping-balik: Berikut Ini Adalah Orang Termiskin Di Dunia « Nias Selatan ku - 25/11/2012

  10. Ping-balik: Demi Cinta, ia Membelah Bukit Selama 20 Tahun « Nias Selatan ku - 15/11/2012

Berikan saran dan komentar anda disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tentang iklan-iklan ini

Arsip

Follow Nias Selatan ku on WordPress.com

Translate to

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Donasi

Kirimkan donasi anda untuk meningkatkan blog ini ke BNI no. rek: 5264-2203-2024-7566 an. Andy Flamino Bate'e
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.257 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: